Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi

Wednesday, March 12th 2014. | Materi Kelas X, Materi Kimia

tata nama senyawa dan persamaan reaksiDahulu zat kimia diberi nama sesuai dengan nama penemunya, nama tempat, nama zat asal, sifat zat, dan lain-lain. Dengan semakin bertambahnya jumlah zat yang ditemukan baik alami ataupun buatan,  maka perlu adanya tata nama yang dapat memudahkan penyebutan nama suatu zat.

IUPAC (International Union Pure and Applied Chemistry) merupakan badan internasional yang membuat tata nama zat kimia yang ada di dunia ini. Akan tetapi, untuk kepentingan tertentu nama zat yang sudah lazim (nama trivial) sering digunakan karena telah diketahui khalayak.

Untuk memudahkan penamaan, senyawa dikelompokkan menjadi 2 yaitu senyawa organik dan senyawa anorganik. Senyawa anorganik dibagi dua yaitu senyawa biner dan senyawa poliatomik.

Persamaan reaksi adalah persamaan yang menggambarkan hubungan zat-zat kimia yang terlibat sebelum dan sesudah reaksi kimia. Persamaan reaksi dinyatakan dengan rumus kimia zat-zat yang bereaksi dan hasil reaksi, angka koefisien, dan fase/wujud zat.

Zat-zat yang bereaksi disebut pereaksi/reaktan dituliskan di sebelah kiri tanda anak panah, sedangkan zat-zat hasil reaksi atau produk reaksi dituliskan di sebelah kanan tanda anak panah.

Sampai di sini penjelasan singkat tentang Materi Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi. Silahkan didownload pada tombol di bawah ini :

Materi-Materi Kimia di atas harus Kalian unduh atau download terlebih dahulu. Materi-Materi tersebut merupakan Materi Kimia yang kami buat sendiri atau Kami ambil dari sumber lain.

Kami sangat senang menerima balasan, dan jika Anda menemukan sesuatu yang sangat membantu atau ide-ide tentang bagaimana cara Kami dapat meningkatkan atau memperbaiki blog POJOKIMIA. Dan, jika link unduhan atau download nya rusak. Tuliskan di kolom komentar atau email kami di kangokim@pojokimia.net.

Kami akan membalas semua pesan yang datang sesegera mungkin :)

signature pojokimia

tags: , ,